Kamis, 19 April 2012

KUNCI JAWABAN UJIAN ASSESSMENT TES DAN PENILAIAN



1.Mendengarkan
1)    Judul yang sesuai dengan wacana 1 “Produksi Tebu dan Gula Juni-November 2003 Turun”.
2)    Ide pokok dari wacana di atas adalah produksi gula dan tebu menurun akibat petani kurang brgairah.
3)    Tanggapan yang logis terhadap isi berita di atas adalah agar produksi gula dan tebu mengalami peningkatan, pemerintah hendaknya menstabilkan harga gula dan memfasilitasi sistem pertanian modern.
4)    Simpulan dari isi berita adalah penurunan produksi gula tahun ini karena turunnya minat petani menanam tebu dan kurang tepatnya pemilihan jenis yang tahan terhadap perubahan iklim.
5)    Jenis karangan wacana 1 adalah Eksposisi.
Bila semua jawaban benar, masing-masing diberi nilai 3, 5 kali 3 sama dengan 15 skor ideal (maksimal)
2.Berbicara
1)    Becak adalah alat transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia dan di sebagian wilayah Asia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi.
2)    Delman adalah kendaraan transportasi tradisional yang beroda dua, tiga atau empat yang tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan kuda sebagai penggantinya. Pengemudi delman disebut dengan kusir.
3)    Sepeda motor adalah jenis kendaraan roda dua yang ditenagai oleh sebuah mesin. Rodanya sebaris dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap tidak terbalik dan stabil disebabkan oleh gaya giroskopik, pada kecepatan rendah pengaturan berkelanjutan setangnya oleh pengendara memberikan kestabilan.
4)    Mobil adalah kendaraan roda empat atau lebih yang membawa mesin sendiri. Jenis mobil termasuk bus, van dan truk. Pengoperasian mobil disebut penyetiran. Mobil juga bisa dijadikan angkutan umum, seperti angkot, bus, dll. Dan pengemudinya disebut sopir.
5)    Kereta api adalah sarana transportasi berupa kendaraan dengan tenaga gerak. Kereta api bergerak di atas rel. Kereta api terdiri dari rangkaian gerbong-gerbong yang berukuran luas hingga bisa mengangkut banyak penumpang.
Masing-masing deskripsi/definisi diberi bobot 3, jadi nilai maksimal 5 kali 3 sama dengan 15.
3.Membaca
Wacana 2
1)        Kalimat pendukung dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah kalimat (1) tidak hanya media massa atau masyarakat kita yang merasa gerah karena kentalnya komitmen pada persoalan pendidikan dan kalimat (2) kekeliruan terutama pada pemerintah.
2)        Fakta pada kutipan tajuk rencana di atas terdapat pada kalimat (5) rencana itu tercantum dalam Rencana Strategis Depdiknas 2005-2009, ibarat tragedi bagi keterbukaan informasi.
3)        Opini dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah “Tampaknya ada maksud menyimpan informasi strategis untuk masyarakat luas”.
Wacana 3
1)        Kalimat pendukung dari kutipan tajuk rencana di atas adalah kalimat (1) sejauh yang disampaikan, pemerintah membuat matrik yang membagi aspirasi warga negara dalam dua kategori.
2)        Gagasan utama kutipan tajuk rencana terdapat pada kalimat (4) atas dasar ini, Depdiknas membagi dua jalur pendidikan, yakni pendidikan formal mandiri dan formal standar.
Bila jawaban betul semua sesuai dengan kunci jawaban di atas nilai maksimal = 15
4.Menulis
Wacana 4
Hal pokok yang harus diperhatikan setelah siswa selesai menyalin wacana empat adalah : a. huruf besar 5 buah, b. koma 4 buah, c. titik 2 buah, d. kata depan 2 buah dan e. Penulisan partikel pun (seharusnya dipisahkan). Betul semua nilai 10.
Wacana 5
1)        a. kalimat no. 1 kesalahan penulisan huruf (di awal kalimat dan nama kota), kesalahan  kata depan.
b. kalimat no. 2 kesalahan penulisan huruf dan tanda titik pada akhir kalimat.
c. kesalahan penulisan kata depan dan tanda ulang.
d. kesalahan penulisan tanda koma dan tanda titik serta kesalahan penulisan kata berimbuhan.
2)    Komentar
Wacana 5 di atas kalimat topiknya terletak di awal paragraf. Topiknya adalah “transportasi darat di Yogyakarta maju pesat”. Penulis wacana 5 belum menerapkan penggunaan ejaan secara tepat dan konsisten. Kesalahan penulisan yang dominan adalah menyangkut penggunaan : huruf, tanda baca, kata depan dan kata berimbuhan.
Bobot penilaian wacana 5 adalah 15, dengan rincian 5 untuk no. 1,dan 10 untuk soal no.2. Skor maksimal menulis = 25.
5.Kebahasaan
1)    Masalah kebahasaan wacana 6
       a. kalimat no. 1 penulisan huruf (di awal kalimat dan nama negara)
       b. kalimat no. 2 penulisan partikel “pun”
c. kalimat no. 3 penulisan huruf (di awal kalimat), kata berimbuhan, konjungsi dan tanda titik di akhir kalimat
d. kalimat no. 4 penulisan kata berimbuhan, kata ulang dan partikel “pun”

2)        Penggunaan narkoba remaja di Indonesia diperkirakan sudah mencapai dua juta orang. Jumlah angka kematian remaja akibat narkoba pun meningkat. Menurut data yang ada dari tes urin yang dilakukan ditemukan beberapa siswa sebagai pencandu dan ada beberapa yang menjadi pengedar narkoba. Di dapat juga bahwa anak-anak dibawah umur pun sudah mengisap rokok dan sekaligus pencandu narkoba. Padahal pada tahun lalu jumlahnya belum sebanyak tahun ini.
Bila jawaban benar keduanya no. 1 bernilai 5, dan no. 2 diberi nilai 10, total nilai unsur kebahasaan sebanyak 15.

6.Apresiasi Sastra
Wacana 7 (novel)
1)      Nilai historis yang tergambar pada kutipan novel tersebut adalah “Impian pegawai pemerintah untuk menjadi pejabat”. Tokoh Suria sebagai pegawai pemerintah berharap besar untuk menjadi klerk. Padahal untuk menjadi klerk diutamakan orang yang pandai berbahasa Belanda.
2)      Kebiasaan yang menjadi pola pikir tokoh cerita pada kutipan di novel tersebut adalah “Harapan yang berlebihan pada tokoh. Hal tersebut sering dialami tokoh Zubaidah sebab ia tahu kepastian suaminya kerap kali lebih mendatangkan celaka daripada bahagia.
3)      Pesan penulis melalui kutipan novel tersebut adalah “Janganlah mengharapkan sesuatu secara berlebihan”! Pengharapa Suria yang berlebihan menjadi klerk dengan mengirim terus surat permohonan ke reside di Bandung yang akan memutuskan perkara itu.
Bila ketiga jawaban benar, masing-masing diberi nilai 5, skor maksimal 15.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar